Bupati Ajak Masyarakat Membumikan Pancasila

Umum
  Anindita Kusumastuti   237 views

Keterangan Gambar: Bupati HM Al Khadziq, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Sekda Hary Agung Prabowo, dan lain-lain mengikuti upacara HUT Pancasila secara daring di Pendopo Jenar, Rabu (1/6/2022).

Temanggung - Bupati HM Al Khadziq mengajak masyarakat Kabupaten Temanggung untuk ikut bersama-sama membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu agar nilai-nilai Pancasila menjadi energi masyarakat untuk membangun Kabupaten Temanggung.

Bupati mengungkapkan, hal tersebut usai mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara daring dari Pendopo Jenar, adapun upacara tersebut dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Sekda Hary Agung Prabowo dan peserta upacara lainnya.

"Pada peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2022 ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung, mari kita membumikan ajaran Bung Karno yang terangkum dalam Pancasila, sebagai dasar negara Republik Indonesia, ideologi bangsa. Mari kita membumikannya dalam kehidupan sehari-hari," kata Bupati di Pendopo Jenar, Rabu (1/6/2022).  

Melalui cara itu, kata Bupati, nilai-nilai Pancasila akan menjadi energi masyarakat untuk maju, membangun Kabupaten Temanggung, membangun kebudayaan, kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan membangun peradaban masyarakat Kabupaten Temanggung.

"Masyarakat Kabupaten Temanggung adalah masyarakat yang berdasarkan ke Tuhanan Yang Maha Esa, berperikemanusiaan, masyarakat yang bersatu dan mempersatukan Republik Indonesia, selalu bersaudara, bermusyawarah, serta masyarakat yang mencita-citakan keadilan bagi seluruh warga Kabupaten Temanggung," terangnya.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya mengemukakan, dipilihnya Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai tempat peringatan, lantaran di Ende lah Bung Karno selama masa pengasingan pada masa penjajahan kolonial Belada di tahun 1934, merenungkan dan merumuskan butir-butir Pancasila. Kemudian dari sini pula termahsyur cerita 'Ketika Bung di Ende'. Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini adalah 'Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia'.

Secara tegas, Presiden juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk ikut membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila pun telah terbukti selain menyatukan juga menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian yang telah terbukti dalam perjalanan sejarah bangsa.

"Saya mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila. Saya ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan perjalanan kita. Kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan, agar kita menjiwai, interaksi antar sesama anak bangsa. Inilah tugas kita bersama, tugas komponen bangsa," kata Presiden.(Ary;Wll;Sty;Ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.