Cegah Penularan, Pemkab Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Kesehatan
  Anindita Kusumastuti   65 views

Keterangan Gambar: Cegah Penularan, Pemkab Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Temanggung - Pemkab Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Temanggung bersama UPTD Puskeswan dan Balai Inseminasi Buatan mengadakan Vaksinasi Rabies Gratis untuk kucing dengan kuota 50 ekor yang berlangsung di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Jumat (18/11/2022).

Kepala UPTD Puskeswan dan Balai Inseminasi Buatan, drh. Nurul Khasanah mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung tersebut adalah salah satu bentuk program lanjutan dari sosialisasi penyakit rabies pada hewan, sekaligus pencegahan penyakit rabies dengan vaksinasi yang sebelumnya sudah dilakukan, baik di media massa, maupun secara langsung kepada pemilik hewan.

“Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mensosialisasikan penyakit rabies, sekaligus pencegahan penyakit rabies pada hewan dengan vaksinasi itu sendiri,” ungkapnya.

Mengingat penyakit rabies ini dapat menular pada manusia melalui gigitan, ia berpesan kepada para pemilik hewan peliharaan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit rabies dengan melakukan vaksinasi rabies pada hewan peliharaannya.

Dengan pemberian stimulan kepada hewan ini, harapan ke depannya, para pemilik hewan peliharaan penular rabies, diantaranya anjing, kucing, dan kera dapat melakukan vaksinasi mandiri ke dokter hewan praktek yang ada di sekitar tempat tinggal.

“Memang selama ini di Kabupaten Temanggung belum pernah ada kasus positif rabies, namun demikian, karena penyakit ini bisa menular ke manusia, maka lebih baik melakukan pencegahan,” ungkapnya. (wll;ds2;ekp;ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2023 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.