Dana Desa Telah Disalurkan Sampai Tahap Kedua

Umum
  Anindita Kusumastuti   60 views

Keterangan Gambar: Dana Desa Telah Disalurkan Sampai Tahap Kedua

Temanggung - Sebanyak 266 desa di Kabupaten Temanggung telah menerima dana desa hingga tahap kedua. Penyaluran dana desa tersebut telah mencapai 100 persen.

"Kami telah salurkan dana desa hingga tahap kedua hingga 100 persen," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung Gema Artisti Wahyudi, Jumat (23/9/2022). Kabupaten Temanggung pada tahun 2022 mendapat dana desa sebesar Rp 245,88 miliar.

Dana desa tersebut dicairkan dalam tiga termin, dengan prosentase 40 persen, 40 persen dan 20 persen. Dalam pencairan dana desa, terdapat beberapa persyaratan, misalnya telah membuat laporan pencairan pada tahap sebelumnya. Sesuai regulasi, masing-masing desa mendapat alokasi dana desa berbeda. Ada syarat dan ketentuan yang menentukan jumlah dana desa yang diterima masing-masing desa.

Dikatakan, syarat pencairan dana desa tahap ketiga adalah laporan realisasi penyerapan dan capaian keluaran dana desa sampai dengan tahap kedua menunjukkan rata-rata realisasi penyerapan minimal 90 persen. Selain itu, rata-rata capaian keluaran menunjukkan minimal 75 persen dari dana desa tahap kedua yang telah disalurkan.

"Masih menunggu laporan dari masing-masing desa dari penggunaan dana desa tahap pertama dan kedua," katanya.

Dikatakan penggunaan dana desa pada 2022 mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 yang intinya untuk pemulihan ekonomi.

Dana desa juga untuk mendukung 10 SDGs desa, antara lain desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, keterlibatan perempuan desa, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata.

"Penggunaan dana desa sudah ada aturan bakunya, dana desa ini diharapkan bisa digunakan sebaik mungkin untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandasnya. (Aiz;Ekp;Ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.