Dusun Ngepoh Desa Badran Resmi Jadi Kampung Pancasila ke-9 di Temanggung

Umum
  Anindita Kusumastuti   286 views

Keterangan Gambar: Dusun Ngepoh Desa Badran Resmi Jadi Kampung Pancasila ke-9 di Temanggung

Temanggung – Dusun Ngepoh, Desa Badran, Kecamatan Kranggan resmi menjadi Kampung Pancasila ke-9 setelah diresmikan oleh Bupati yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Hary Agung Prabowo, Senin (6/6/2022).

Turut hadir pada acara peresmian, Komandan Kodim 0706 Temanggung Letkol Inf. Denver Micha H Napu, Wakapolres Temanggung Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, Forkopimcam Kranggan, Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Kranggan, dan masyarakat Dusun Ngepoh, Desa Badran.

Acara peresmian di lapangan voli Dusun Ngepoh berlangsung sangat meriah. Tari Tongan jadi pembuka acara, dilanjutkan Tari Warokan yang dimainkan dengan apik oleh anak-anak di Dusun Ngepoh.

Dalam sambutannya, Sekda yang mewakili Bupati, menekankan adanya nilai toleransi, kebersamaan, dan gotong royong perlu ditingkatkan dalam masyarakat.  

“Nilai-nilai toleransi yang harus kita hidupkan kembali, nilai-nilai kebersamaan, nilai gotong royong harus kita hidupkan kembali di tengah-tengah masyarakat kita. Apabila kita tidak meningkatkan kembali nilai-nilai Pancasila, pasti akan terkikis budaya kita. Rasa kebanggaan, rasa kebersamaan, rasa gotong royong itu akan terkikis sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, saya titip pesan kepada seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di sini, tolong giatkan kembali rasa toleransi, rasa kebersamaan, dan juga rasa gotong royong,” tegasnya.

Dandim 0706 Temanggung, Letkol Inf. Denver Micha H Napu dalam sambutannya mengatakan, pencanangan Kampung Pancasila merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengedukasi generasi muda agar siap merawat Pancasila, serta siap menghadapi tantangan dan perubahan ke depan.

Dandim berpesan, anak-anak generasi muda agar bisa diarahkan dengan baik, sehingga siap dan mampu memanfaatkan peluang.

“Kalau anak-anak kita sudah siap, maka dia akan menikmati proses pertumbuhan demografi yang luar biasa pada tahun 2035 dan 2040, karena apabila mereka bekerja, maka negara kita akan semakin kuat,” ungkapnya.

Kepala Desa Badran, Nopirmansyah mengatakan, Desa Badran terdiri atas empat dusun, yakni Dusun Ngepoh, Dusun Kuncen, Dusun Badran Kidul, dan Dusun Bangunsari.

Ia berharap, sila-sila yang terdapat dalam Pancasila dapat diimplementasikan dengan tindakan nyata di tengah-tengah masyarakat Dusun Ngepoh pada khususnya, dan Desa Badran pada umumnya.

“Saya harapkan dengan dipilihnya Dusun Ngepoh ini jadi Dusun Pancasila, sila yang ada dalam Pancasila dapat terimplementasi di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya. Ini juga akan berimbas pada dusun-dusun lainnya yang ada di Desa Badran ini yang insyaAllah akan mengikuti program-program Dusun Pancasila yang bersesuaian dengan keadilan demi persatuan,” tandasnya. (Nin;Pde;Ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.