GEPREKK DWIJO SDN 2 Jampiroso, Siap Cerdaskan Generasi Pancasila

Pendidikan
  Anindita Kusumastuti   450 views

Keterangan Gambar: GEPREKK DWIJO SDN 2 Jampiroso, Siap Cerdaskan Generasi Pancasila

Temanggung - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Jampiroso Temanggung melaksanakan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Gebyar Prestasi, Kreasi, dan Kewirausahaan “GEPREKK DWIJO” Siap Mencerdaskan Generasi Pancasila, yang berlangsung di Halaman SDN 2 Jampiroso, Temanggung, Kamis (19/5/2022).

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Lingkungan Hidup, Tri Raharjo, Sekretaris Dinas Pendididkan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Temanggung, Andrie Arfianto, Forkompimcam Temanggung, Kepala SDN 2 Jampiroso Temanggung, Kusnadi, Kepala SD se-Kecamatan Temanggung, orang tua atau wali murid, dan seluruh peserta hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menampilkan hasil karya siswa selama tahun ajaran 2021-2022 yang menjadi tindak lanjut dari Program Sekolah Penggerak Angkatan Pertama dan merupakan proyek penguatan Pelajar Pancasila yang nantinya juga bertujuan untuk Anak Merdeka Belajar dan Guru Merdeka Mengajar.

Wabup dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada SDN 2 Jampiroso Temanggung sebagai salah satu Sekolah Penggerak yang telah menindak lanjuti Program Sekolah Penggerak. Ia berpesan kepada seluruh guru-guru dalam mendidik siswa-siswinya, untuk menerapkan tiga pilar kehidupan, yaitu Seni, Ilmu, dan Agama.

“Dengan seni, hidup akan lebih indah, dengan ilmu hidup akan lebih mudah, dan dengan agama hidup akan lebih terarah. Ini tiga pilar kehidupan yang harus diajarkan dan ditanamkan kepada anak-anak kita. InsyaAllah, dengan tiga pilar kehidupan ini menjadikan anak-anak ini menjadi generasi penerus kepemimpinan di Indonesia ini dengan akhlak yang lebih baik,” tegasnya.

Selanjutnya, Kepala SDN 2 Jampiroso, Kusnadi mengatakan, hasil dari karya siswa-siswi dari Kelas 1 hingga Kelas 6 SD, ditampilkan guna memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa-siswi. Hal ini menunjukkan mereka tidak hanya memiliki prestasi akademik saja, tetapi juga mempunyai bakat dan minat di luar prestasi akademik itu sendiri, dengan menciptakan dan menyalurkannya melalui karya-karya.

“Yang penting, hasil karya siswa dari Kelas 1 sampai Kelas 6 dipamerkan ditujukan untuk menginspirasi kepada siswa-siswi, bahwa siswa memiliki bakat dan minat daripada prestasi atau karya-karya siswa,” katanya.

Ia menambahkan, antusias dari orang tua, wali murid dari kegiatan guna menampung bakat dan minat siswa-siswi dalam menambah wawasannya ini, menjadi acuan agar kegiatan-kegiatan dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila yang masih berhubungan dengan Program Sekolah Penggerak ini dapat terus berjalan lancar.

“Harapannya, setelah kegiatan ini adalah untuk menginspirasi supaya anak-anak nanti tahun berikutnya, kegiatan ini benar-benar anak berminat untuk menyalurkan bakat dan minatnya melalui kegiatan-kegiatan penguatan Profil Pancasila yang berkaitan dengan Program Sekolah Penggerak ini,” tandasnya. (Wl;Ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2023 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.