Jadi Ustadz di Pengajian Kuliah Subuh, Bupati Minta Jamaah Ikut Serta Membangun Temanggung

Kepala Daerah
  Anindita Kusumastuti   55 views

Keterangan Gambar: Jadi Ustadz di Pengajian Kuliah Subuh, Bupati Minta Jamaah Ikut Serta Membangun Temanggung

Temanggung - Ada yang istimewa di Majelis Pengajian Kuliah Subuh yang bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Jl. Dr. Sutomo Temanggung, Minggu (22/1/2023), karena dihadiri secara langsung oleh Bupati Temanggung HM. Al Khadziq.

Bupati juga sekaligus sebagai ustadz/penceramah tunggal yang memberi materi pengajian.

Disampaikan, bahwa dalam ibadah Agama Islam dibedakan menjadi dua, pertama ibadah mahdhoh, yaitu ibadah yang waktu dan tata caranya sudah ditentukan secara detail dalam   ketentuan syariah, contohnya adalah sholat, zakat, haji dan puasa.

Yang kedua ibadah ghoiru mahdhoh, yaitu ibadah yang belum diatur secara detail, tetapi mempunyai tujuan untuk mencari ridho Allah dan untuk urusan kemaslahatan manusia, contohnya ikut pengajian, ikut menyelesaikan masalah negara/pemerintahan, maupun permasalahan yang dihadapi oleh daerah, khususnya di Kabupaten Temanggung.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, bahwa   beberapa permasalahan di Temanggung adalah masalah kemiskinan ekstrem, masalah anak putus sekolah, masalah degradasi lingkungan hidup, termasuk masalah sampah.

"Saya mengharap kepada para jamaah dan masyarakat untuk ikut ambil bagian menangani permasalahan tersebut, karena tentu pemerintah tidak bisa mengatasi sendiri. Oleh karenanya, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, seperti membantu anak yatim yg tidak bisa sekolah, ikut menanam/menghijaukan lahan dengan tanaman, mengelola sampah dengan benar dan lain sebagainya," katanya.

Acara pengajian ditutup dengan ramah tamah Bupati dengan para jamaah, dengan bersama-sama menyantap sarapan  yang disediakan panitia. (smsl;ekp;ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2023 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.