KIM Harus Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Umum
  admin   19 views

Keterangan Gambar: KIM Harus Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Temanggung - Bertempat di ruang pertemuan Omah Kebon Resto, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung mengadakan workshop Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan workshop Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) acara berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (2-3/11/2021).

Hadir sebagai peserta workshop Camat Jumo dan Camat Bulu, kepala desa dan Ketua KIM dari desa se-Kecamatan Bulu dan Kecamatan Jumo serta Relawan TIK se-Kabupaten Temanggung. 

Dalam sambutannya Bupati Temanggung yang dibacakan Kepala Dinkominfo Kabupaten Temanggung Samsul Hadi berharap, dengan acara workshop ini semua tambah semangat lagi berselancar dalam dunia media sosial, tambah pengetahuan, tambah ilmu, dan khususnya dapat membantu pemerintah daerah mensosialisasikan program-program unggulan, seperti Mustika Desa, Temanggung Bebas Sampah, serta program konservasi Sabuk Gunung.

Selain itu, KIM juga bisa ikut mensosialisasikan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Temanggung serta potensi yang ada di desa.

Bupati meminta kepada KIM serta Relawan TIK untuk bisa memanfaatkan media-media yang ada saat ini untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Gunakan media-media yang sedang banyak dipakai masyarakat, sehingga informasi dapat cepat tersampaikan.

Selaku narasumber, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah Agung Kristiyanto menyampaikan bahwa KIM adalah kelompok yang berbasis desa dan berharap KIM dapat terbentuk di semua desa atau kelurahan.

KIM ini sangat bermanfaat, baik sosial maupun ekonomi, sebagai contoh bisa sebagai ujung tombak dalam penanggulangan penyebaran hoaks.

KIM juga bisa digunakan sebagai branding desa, sehingga potensi yang ada di desa bisa diketahui oleh masyarakat luas atau pemerintah daerah sampai dengan nasional.

“KIM juga harus berperan dalam membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi, dapat menerima serta menyerap aspirasi dari masyarakat dan juga sebagai mitra pemerinta serta dapat mengumpulkan dan menyebarkan informasi publik,” tambahnya.

Selain itu, juga diadakan workshop kepada Relawan TIK se-Kabupaten Temanggung guna mendukung perkembangan KIM. 

Materi workshop disampaikan oleh Dosen STIMIK Bina Patria dengan materi Dengan TIK, KIM menuju Era Industri 4.0 serta Tugas serta peran RTIK dalam Kelompok Informasi Masyarakat.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinkominfo Kabupaten Temanggung, Supriyati melaporkan bahwa kegiatan ini untuk memberikan materi penyegaran terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan KIM kepada kepala desa serta KIM serta memasukkan unsur digitalisasi pada kegiatan yang dilakukan KIM. 

Selain itu, juga memberikan materi kepada Relawan TIK Kabupaten Temanggung guna mendukung pengembangan kegiatan KIM yang telah terbentuk. (pd;ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.