KPU Temanggung Adakan Sosialisasi Pemilu Serentak

Umum
  Anindita Kusumastuti   146 views

Keterangan Gambar: KPU Temanggung Adakan Sosialisasi Pemilu Serentak

Temanggung – Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, bertempat di Pendopo Pengayoman, Rabu (30/11/2022).

Bupati mengungkapkan, sosialisasi yang dilaksanakan tersebut sangat penting mengingat di tahun 2024 merupakan Pemilu secara serentak pertama kali di Indonesia, sekaligus untuk mempersiapkan keterlibatan masyarakat guna menjaga kondusifitas penyelenggaraan Pemilu agar dapat berjalan dengan aman, sukses, dan menghasilkan keputusan politik yang terbaik.

“Pemkab Temanggung senantiasa mendukung setiap langkah dari KPU maupun Bawaslu. Oleh karena itu, saya minta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk memberikan dukungan dan fasilitasi bagi penyelenggara Pemilu dalam melaksanakan tugasnya,” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan, bahwa Pemilu merupakan salah satu indikator negara yang demokratis, sehingga pelaksanaan Pemilu menjadi tanggungjawab bersama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

“Pemilu adalah salah satu indikator negara demokratis, karena salah satu ukuran negara itu demokratis atau tidak adalah suksesi bisa dilaksanakan secara periodik dan secara damai. Suksesi periodi, tetapi juga aspiratif, terbuka, bebas, tidak ada tekanan, intimidasi, kecurangan, maupun penyimpangan. Tanggungjawab kita semua, mari kita berperan sesuai posisi kita, sesuai tugas dan tanggungjawab masing-masing.” ungkap Bupati.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan, bahwa angka partisipasi politik di Kabupaten Temanggung termasuk tinggi di Provinsi Jawa Tengah, dengan angka 87 persen, di atas rata-rata daerah lainnya yang hanya 75 persen.

“Selama ini Temanggung termasuk kabupaten yang angka partisipasi politiknya tinggi di Jawa Tengah. Di Pilkada maupun di Pemilu legislatif, Pilpres, angkanya di atas 75 bahkan 87 persen. Sangat tinggi, karena di banyak tempat partisipasi politik hanya sekitar 75 persen, di Temanggung bisa 87 persen,” jelasnya. (wll;nin;ekp;ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2023 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.