Pastikan Berjalan Lancar, Dindikpora Adakan Sosialisasi PPDB Online

Pendidikan
  admin   294 views

Keterangan Gambar: Pastikan Berjalan Lancar, Dindikpora Adakan Sosialisasi PPDB Online

Temanggung - Bupati Temanggung HM Al Khadziq menghadiri acara sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun 2022/2023 yang bertempat di Graha Bhumi Phala, Komplek Setda Kabupaten Temanggung, Rabu (14/04/2022).

Hadir juga dalam acara tersebut, Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Temanggung Dwi Sulistyowati, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo, Kepala Dindukcapil Bagus Pinuntun, serta perwakilan satuan pendidikan, baik negeri, maupun swasta yang ada di Kabupaten Temanggung.

Acara tersebut, utamanya membahas tentang perubahan mekanisme PPDB yang rencananya akan dilaksanakan secara online.  Dalam sambutannya, Bupati memaparkan bahwa sosialisasi PPDB ini menyangkut kepentingan hampir semua pihak dan berpesan, baik sekolah swasta maupun negeri dapat mengikuti regulasi secara benar.

“PPDB ini merupakan suatu rutinitas, tetapi juga penuh kerumitan, dan menyangkut kepentingan hampir semua pihak. Apalagi hampir setiap tahun regulasinya berubah-ubah. Jadi sosialisasi perlu terus kita lakukan, agar kita semua, baik sekolah-sekolah negeri, maupun swasta bisa mengikuti semua regulasi secara benar dan masyarakat dapat terlayani secara benar juga,” kata Bupati.

Dalam rangkaian acara, Kepala Dindikpora, Agus Sujarwo memberikan kesempatan kepada perwakilan satuan pendidikan untuk menyampaikan masukan, aspirasi, serta keluhan terkait PPDB.

Ia juga menjelaskan, beberapa poin penting terkait PPDB 2022/2023, diantaranya adalah sistem PPDB akan dilaksanakan full online dengan data peserta telah disediakan oleh satuan pendidikan asal, sehingga peserta didik tinggal memasukkan akun dan password tanpa harus dating ke lokasi pendaftaran.

Kemudian tidak ada “coba-coba” dalam pendaftaran, apabila calon peserta didik dinyatakan sudah diterima di salah satu sekolah tujuan tidak akan bisa berpindah ke sekolah lain.

Terkait kendala akses internet, Agus Sujarwo menjelaskan akan menyediakan aplikasi PPDB melalui App Store dan Play Store yang mudah diakses oleh peserta didik. Selain itu, pihaknya akan mengupayakan satuan pendidikan agar mengedukasi masyarakat yang belum paham teknologi.

“Harapan kami dari Dinas Pendidikan, dengan adanya sosialisasi PPDB 2022/2023, maka pelaksanaan penerimaan peserta didik baru yang akan kita mulai Mei 2022 bisa berjalan lancar dan masyarakat bisa tahu betul putra-putrinya mau masuk SD, SMP, seperti apa dan satuan pendidikan masing-masing, baik satuan pendidikan asal maupun tujuan dapat melaksanakan penerimaan peserta didik secara final,” tandasnya. (Adi;Ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.