Pemkab Ikuti Evaluasi Program Gerakan Menuju Smart City

Umum
  Anindita Kusumastuti   82 views

Keterangan Gambar: Pemkab Ikuti Evaluasi Program Gerakan Menuju Smart City

Temanggung - Evaluasi Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 di Kabupaten Temanggung dilaksanakan secara virtual di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Jl Jend Sudirman, Kabupaten Temanggung, Kamis (6/10/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinkominfo Samsul Hadi, Kepala Bappeda Dwi Sukarmei, Kepala Dindukcapil Bagus Pinuntun, Kepala DPRKPLH Hendra Sumaryana, Kepala Dinpusip Suminar Budi Setiawan, dan tim pelaksana Smart City Kabupaten Temanggung.

Tim Assesor terdiri dari Andiyanto (Bappenas), Paulus Insap Santosa (Dosen Fakultas Teknik UGM), Acuk (Dosen Fakultas Ekonomi Unpad Bandung), dan Win Sulistyo (UKSW Salatiga).

Dwi Sukarmei dalam sambutannya menyatakan terkait dengan kemajuan Smart City di Kabupaten Temanggung indikatornya sudah terbentuknya kelembagaan, perencanaan master plan, implementasinya prioritas kegiatan dengan berbagai aplikasi dan inovasinya.

"Pada prinsipnya, Kabupaten Temanggung tidak bisa berdiri sendiri, perlu suatu peran pentahelik, baik dari pengusaha, baik media masa, baik dari akademisi, maupun dari masyarakat dan pemerintah pusat, saling bergotong royong mensukseskan program ini. Pengangguran di Kabupaten Temanggung nomor dua terbaik se-Jawa Tengah, stunting dan kemiskinan menurun drastis, prestasi dan capaian ini menjadi indikator yang luar biasa bagi Kabupaten Temanggung," kata Dwi Sukarmei yang juga Ketua Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Temanggung.

Samsul Hadi di dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa Smart Environment atau lingkungan yang cerdas andalan Kabupaten Temanggung adalah program Temanggung Bebas Sampah, dengan Dewan Persampahan Kabupaten Temanggung yang anggotanya tokoh penggiat lingkungan, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sistem yang mendukung sudah berkolaborasi dengan pemerintah desa dan DPRKPLH.

"Bupati Temanggung sebagai Ketua Dewan Smart City menggulirkan kebijakan penghargaan Maschun Sofyan Award (MSA), beliau merupakan Bupati Temanggung di era 70an yang menggelorakan semangat Temanggung Bersih. Kategorinya ada perseorangan dan kelompok. Tahun 2021 Kabupaten Temanggung juga mendapat penghargaan dari Menteri Kominfo Johnny G Plate menjadi salah satu dari 100 Kabupaten yang ditetapkan sebagai kabupaten yang menuju program gerakan Smart City," jelasnya.

Andiyanto menyampaikan, tim assessor mengapresiasi data, informasi dan langkah tim pelaksana Pemerintah Kabupaten Temanggung sudah cukup lengkap menuju program gerakan Smart City.

"Semoga target penyelesaian rancangan draft Peraturan Daerah Smart City ini bisa segera selesai dan bisa diterbitkan," tandasnya. (Sty;Wll;Ekp;Ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.