Peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag 2022 Jadi Momentum Tingkatkan Semangat Pengabdian

Kepala Daerah
  admin   165 views

Keterangan Gambar: Peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag 2022 Jadi Momentum Tingkatkan Semangat Pengabdian

Temanggung - Jajaran keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-76 Tahun 2022 di Halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Temanggung, Senin (3/1/2022). 

Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, dengan dihadiri tamu undangan dan diikuti  para pegawai di lingkungan Kemenag dan unsur terkait.

Bupati dalam sambutannya, membacakan amanat  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Saefudin mengatakan, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga saat ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai Kick Off pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan.  

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya. Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Sejalan dengan tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat. 

“Selamat Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang ke-76, semoga Kementerian Agama di Kabupaten Temanggung semakin memberikan manfaat dan barokah untuk seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung,” tambah Bupati.

Acara dilanjutkan dengan penyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun kepada PNS Kementerian Agama.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan dukungan terhadap pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Penetapan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 1956 tanggal 1 Maret 1956 menetapkan bahwa hari Kamis, 3 Januari 1946 adalah hari berdirinya Departemen Agama. Dasarnya ialah Penetapan Pemerintah No 1/S.D. tanggal 3 Januari 1946 (29 Muharram 1364 H). Maka tanggal 3 Januari ditetapkan sebagai hari berdirinya Departemen Agama. Namun, sejak 3 Januari 1980 pada Peringatan Hari Ulang Tahun Departemen Agama ke-34 diubah penyebutannya menjadi Hari Amal Bakti Departemen Agama RI (sekarang Kementerian Agama).

Perubahan penyebutan mengandung konotasi mengenai perihal bahwa setiap memperingati hari jadi Kementerian Agama, maka tujuan yang paling penting adalah untuk menggugah kembali tekad seluruh jajaran Kementerian Agama agar meneruskan amal bakti dalam melayani dan membimbing kehidupan beragama di Indonesia. 

Sebutan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI mengandung konotasi bahwa lahir dan hadirnya Kementerian Agama RI merupakan salah satu rentetan konsensus nasional mengenai dasar dan ideologi negara, yaitu Pancasila. (TMG/pd;ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.