PT. PPI Akan Pasok Kebutuhan Minyak Goreng Curah di Temanggung

Umum
  admin   129 views

Keterangan Gambar: PT. PPI Akan Pasok Kebutuhan Minyak Goreng Curah di Temanggung

Temanggung - PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) akan memasok minyak goreng curah untuk mencukupi kebutuhan masyarakat sesuai permintaan Pemkab Temanggung. Adapun distribusi awal sebanyak 18 ton yang dikirim secara bertahap.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Entargo Yutri Wardono mengatakan, telah ada kepastian dari PT. PPI untuk distribusi minyak goreng curah ke Temanggung sesuai permintaan dari Pemkab.

"Kami sudah komunikasi, kebutuhan 18 ton per minggu sesuai permintaan akan dikirim secara bertahap," katanya, disela-sela pengawasan minyak goreng curah, Senin (11/4/2022) di Temanggung.

Entargo mengatakan, PT. PPI adalah BUMN yang bertugas untuk mengawal distribusi minyak goreng agar tidak terjadi kelangkaan.

Permintaan pada PT. PPI dikirim melalui Pemkab, sedangkan toko besar yang menyiapkan persyaratan, seperti NPWP, email dan lokasi.

"PT. PPI ini bersedia mengirim berapapun yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan minyak goreng curah," katanya.

Ia mengatakan, untuk pembelian minyak goreng curah harus menunjukkan KTP. Satu warga hanya mendapatkan satu jeriken isi 15 liter.

"Prioritas pelaku UKM, tetapi warga biasa juga boleh asal memenuhi persyaratan," terangnya.

Entargo mengatakan, kenyataan di lapangan ada yang memanfaatkan warga lainnya untuk mengantre minyak goreng dengan memberi upah tertentu. Mereka bisa tetangga atau orang lain.

"Kami sebisa mungkin mencegahnya, tetapi sulit mendeteksi dari awal. Kami mengetahui setelah berada di luar toko dan saat minyak goreng akan diangkut pulang," katanya.

Ia mengatakan, akan memperketat pembelian minyak goreng curah. Jangan sampai ada penimbunan atau diborong seseorang yang kemudian di jual dengan harga mahal untuk mendapatkan keuntungan.

Kabid Perdagangan Dinkopdag Kabupaten Temanggung Eny Sulistyawati mengatakan, dari delapan pedagang besar minyak goreng, hanya PT Berkat Anugerah Pangan Perkasa (Cik Tin) yang mendapat kiriman dari distributor. Alokasinya 13 ton atau setara 800 jeriken.

"Kebutuhan minyak goreng curah sangat besar, Pemkab terus berusaha memenuhi kebutuhan minyak goreng curah dari masyarakat apalagi menjelang Lebaran," katanya.

Pimpinan PT. Berkat Anugerah Pangan Perkasa (Cik Tin) Budi mengatakan, mendapat kiriman minyak goreng curah pada Minggu (10/4/2022) sebanyak 13 ton atau setara 800 jeriken.

"Ada warga yang mengantre sejak sore dan menginap untuk mendapatkan minyak goreng curah," katanya.

Ia berharap, minyak goreng curah mudah didapatkan warga, dan distribusi lancar, sehingga tidak ada antrean. (Aiz;Ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.