Rawat Kesehatan Melalui Donor Darah

Kesehatan
  admin   84 views

Keterangan Gambar: Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung melakukan kegiatan rutin pengambilan donor darah, Senin (7/2/2022).

Temanggung- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung melakukan kegiatan rutin pengambilan donor darah, Senin (7/2/2022). 

"Donor darah minimal dilakukan dua bulan sekali, tujuannya untuk memberikan kesempatan darah menjadi matang sebelum diambil," kata Anjar, petugas PMI yang ditemui disela-sela kegiatan donor darah, Senin (7/2/2022). 

"PMI Temanggung sudah mempunyai alat untuk memisahkan darah merah dan trombosit, untuk plasma hanya PMI besar yang memiliki, contoh Solo," jelasnya.

Banyak yang tidak tahu bahwa ketika donor darah, bisa diolah menjadi empat komponen, yaitu diambil sel darah merahnya (WB), trombosit (TC), darah lengkap (PRC), dan plasmanya.

Dengan meningkatnya penderita demam berdarah, maka bertambah pula trombosit yang di proses. Selain demam berdarah, bayi prematur juga membutuhkan trombosit, disebabkan keterbatasan sel tulang belakang dalam memproduksi.

Pendonor sekarang dimudahkan dengan adanya aplikasi DONORKU, bisa didownload di playstore atau IOS untuk mengetahui informasi donor darah. Selain itu, PMI juga akan memberitahukan lewat aplikasi whatsapp ke nomor pendonor.

Sehat itu sebaik-baiknya kekayaan, maka syukuri, nikmati kesempatan hidup sehat. Berbagi setetes darah bukti nyata kita bukan teman bukan saudara sedarah, tapi saling membutuhkan. (sty;ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.