Sendang Sidengok Siap Ramaikan Wisata di Temanggung

Kebudayaan
  admin   282 views

Keterangan Gambar: peresmian Sendang Sidengok dan Festival Kesenian Desa Mranggen Kidul, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Rabu (30/3/2022).

Temanggung - Dalam rangka meramaikan wisata, Desa Mranggen Kidul, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung mengadakan acara peresmian Sendang Sidengok dan Festival Kesenian.

Bertempat di lokasi parkir Sendang Sidengok, Rabu (30/3/2022), peresmian dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung, dan Camat Bansari.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Mranggen Kidul, Yono mengungkapkan, bahwa dengan diadakannya Festival Kesenian sekaligus peresmian destinasi wisata baru Sendang Sidengok, diharapkan mampu memberikan alternatif pilihan tempat wisata, sekaligus meramaikan dunia pariwisata di Kabupaten Temanggung.

“Sehingga dapat meningkatkan perputaran ekonomi di sekitar wilayah Sendang Sidengok, dan mampu meningkatkan taraf hidup warga,” paparnya.

Yono juga menambahkan, Sendang Sidengok harus tetap selalu berbenah diri agar lebih baik dan meningkatkan fasilitas, maupun sarana prasarana yang ada. Sehingga mampu menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Kepala Dinbudpar, Saltiyono Atmaji mengungkapkan, bahwa pengembangan wisata konservasi lingkungan sangatlah penting dan paling utama.

“Jangan sampai melupakan konservasi, karena kita disibukkan pada urusan memperbaiki fasilitas penunjang wisata. Kita harus tetap melestarikan lingkungan dan terus menjaganya,” tegasnya.

Saltiyono juga mengemukakan, untuk menjaga lingkungan di area sekitar Sendang Sidengok perlu adanya peran serta dan gotong royong dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan konservasi agar nantinya alam tetap lestari.

“Bahkan kalau perlu ditambah dengan tanaman penyangga di area sekitar Sendang Sidengok. Karena nantinya kita juga semua yang akan menggunakannya,” imbuhnya.
Saltiyono juga menyampaikan, bahwa potensi yang ada di Sendang Sidengok sangat luar biasa, pemandangan alam dengan melihat tujuh gunung dan dilengkapi tampilan berbagai kesenian tradisional. Pihak Dinbudpar Kabupaten Temanggung sangat mengapresiasi dan siap memberikan pendampingan agar nantinya dapat berkembang dengan lebih baik lagi. (Akha;Ekp)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.