Tim Pemeriksa Interim BPK Perwakilan Jawa Tengah Laksanakan Entry Meeting

Kepala Daerah
  Anindita Kusumastuti   87 views

Keterangan Gambar: Tim Pemeriksa Interim BPK Perwakilan Jawa Tengah Laksanakan Entry Meeting

Temanggung - Tim Pemeriksa Interim Laporan Keuangan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah melakukan entry meeting dengan para pemangku kepentingan Pemkab Temanggung, Senin (28/11/2022) bertempat di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung.

Hadir dalam acara entry meeting tersebut, Sekda Hary Agung Prabowo, Asisten III Setda Kristi Widodo, Kepala BPKPAD Tri Winarno, Sekretaris Inspektorat Orbi Kalsum, Inspektur Pembantu Khusus Dwi Arief Setiawan, serta Bupati HM Al Khadziq yang mengikuti kegiatan secara teleconference dengan zoom meeting.

Eko Budi selaku Perwakilan dari Tim Pemeriksa Interim Laporan Keuangan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah menyebutkan, terdapat lima personel pemeriksa yang akan memulai tugasnya di Temanggung selama 17 hari kerja dan akan berakhir pada tanggal 14 Desember 2022.

"Izin menyampaikan beberapa hal, sesuai dengan standar pemeriksaan kami, bahwa untuk pertama kali pemeriksaan, kami harus mengkomunikasikan kepada entitas," ungkapnya.

Adapun tujuan dari dilakukannya pemeriksaan interim adalah memantau tindak lanjut atas hasil pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya, merevieu perangkat lunak Sistem Pengendalian Internal (SPI), menilai efektivitas SPI, menilai kepatuhan atas Peraturan Perundang-undangan terkait akun-akun yang menjadi fokus pemeriksaan, serta melakukan pengujian substantif terbatas yaitu pada transaksi saldo akun-akun untuk menilai kewajaran saldo.

Bupati HM Al Khadziq menyambut baik kedatangan Tim Pemeriksa Interim BPKP Jawa Tengah yang secara tidak langsung memberikan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam penggunaan anggaran di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Temanggung.

"Kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Temanggung untuk melaksanakan tugas, yang mana kami harus memfasilitasi dan melancarkan. Semoga 17 hari besok bisa terlaksana sebaik-baiknya, dapat mencapai maksud dan tujuan serta memberi manfaat bagi Kabupaten Temanggung. Saya ucapkan teima kasih kepada tim, karena membuat Kabupaten Temanggung lebih waspada dan berhati-hati dalam melaksanakan anggaran," ungkap Bupati.

Eko Budi menambahkan, untuk Pemkab Temanggung sendiri sudah hampir memasuki progres 95 persen.

"Tindak lanjut atas pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya, dimana untuk progres tindak lanjut untuk Kabupaten Temanggung ini sudah mencapai hampir 95 persen," tambahnya. (nin;ekp;ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2023 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.