Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan, BUMDes Batursari Demak Kunjungi BUMDes Mitra Sehati Drono

Umum
  Anindita Kusumastuti   108 views

Keterangan Gambar: Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan, BUMDes Batursari Demak Kunjungi BUMDes Mitra Sehati Drono

Temanggung, MediaCenter – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Sehati Desa Drono Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung menerima kunjungan studi lapangan peningkatan kapasitas BUMDes, dari BUMDes Sinar Mandiri Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, di Gedung Serbaguna Desa Drono, Selasa (20/9/2022).

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Desa Drono Mahmudah beserta jajarannya didampingi Perwakilan BUMDes Mitra Sehati, Musiron Abdul Dasir dan pengurus. Hadir dalam acara ini, perwakilan BUMDes Sinar Mandiri Batursari Sakti, Septa Lutfi dan Kepala Desa Batursari Sutikno beserta pengurusnya, pendamping desa dan tamu undangan.

Desa Drono memiliki 3 RW dan 12 RT dengan penduduknya 1300 jiwa dan 600 kepala keluarga, BUMDes Mitra Sehati terbentuk tahun 2010 dengan modal awal 16,5 juta dan sekarang memiliki aset 1,1 miliar, mengelola tiga usaha, yaitu jasa, peternakan, dan simpan pinjam.

Abdul Dasir disela-sela acara menyampaikan, bahwa usaha jasa BUMDes Mitra Sehati meliputi sewa alat berat konstruksi (stamper, molen), pengelolaan air bersih, dengan mata airnya di Desa Banaran dan Desa Kemloko, dan pembayaran listrik masyarakat.

"Tahun 2010 kami mengawali membentuk BUMDes Mitra Sehati dengan usaha penggemukan kambing dengan sistem terpadu dan sistem gaduh. Yang paling banyak adalah simpan pinjam dengan uang berjalan semester awal tahun 2022 sudah sebesar 1,6 miliar," ungkapnya.

Kunjungan dari BUMDes Sinar Mandiri Batursari Sakti ini merupakan kunjungan silaturahmi ke tiga dari luar daerah.

"Dulu modal dari penyertaan desa 2,5 juta dan 14 juta ternak warisan P2MPD sejumlah 7 ekor kambing, kita sering mengirim permohonan proposal ke propinsi dan kabupaten. Sehingga sudah empat kali mendapat bantuan dari pemerintah, namun BUMDes kita belum berkembang dan maju seperti BUMDes yang lain, tapi setidaknya kami sudah menyumbang PAD untuk kas desa tahun 2021 kemarin 15 juta," jelas Abdul Dasir.

Ia berharap, dengan silaturahmi yang terjalin dengan BUMDes yang lain, dapat menjadi ajang bertukar ide dan pengalaman dalam pengembangan BUMDes Mitra Sehati ke depannya.

"Harapan kami, dengan kunjungan teman-teman dari BUMDes daerah lain, bisa memberikan informasi dan bermanfaat bagi kami dalam mengelola lebih baik BUMDes Mitra Sehati di Desa Drono ini, dan merekapun bisa mengambil hikmah dan ilmu dari kunjungannya untuk bisa dicoba di daerah asalnya," tandasnya. (Sty;Adi;Ekp;Ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.