Tingkatkan Layanan Homestay kepada Wisatawan, Pemkab dan BOB Adakan Bimtek

Kepala Daerah
  Anindita Kusumastuti   68 views

Keterangan Gambar: Tingkatkan Layanan Homestay kepada Wisatawan, Pemkab dan BOB Adakan Bimtek

Temanggung - Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) melaksankan kegiatan Bimtek Peningkatan Homestay di Desa Wisata yang bekerjasama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) di Balai Desa Pagergunung, Dusun Cepit, Kecamatan Bulu, Temanggung, Selasa (29/11/2022).

Kadinbudpar Saltiyono Atmaji mengatakan, kegiatan yang berlangsung tersebut adalah salah satu wujud komitmen dari BOB yang sebelumnya sudah terjalin kerjasama dengan Pemkab Temanggung untuk memberikan Bimtek kepada pelaku pariwisata yang ada di Kabupaten Temanggung.

“Tindak lanjut dari kerjasama tersebut, salah satunya adalah pelatihan seperti ini. Nanti tentu kedepannya ada kegiatan-kegiatan seperti ini lagi di tempat yang akan kita tentukan di Kabupaten Temanggung,” katanya.

Lebih lanjut, Saltiyono mengungkapkan tujuan berlangsungnya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pengelolaan dan pelayanan homestay yang disampaikan langsung oleh narasumber dari BOB dan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata (STIPARI), guna memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Temanggung.

“Akan ada kunjungan di setiap sesi acara ke contoh homestay yang baik dan benar dengan standar pelayanan pariwisata yang sudah kita siapkan,” ungkapnya.

Dengan adanya Bimtek tersebut, Kadinbudpar berharap dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan pengelola homestay dan pelaku pariwisata di Temanggung, sehingga kedatangan wisatawan dapat lebih nyaman dan dapat berkunjung kembali.

“Sehingga nanti teman-teman wisatawan yang datang ke Temanggung akan lebih nyaman, akan tuman dan akan datang ke sini lagi dengan membawa teman-teman lebih banyak lagi,” harapnya.

Terdapat enam macam pelatihan dalam kegiatan tersebut dengan melibatkan semua desa wisata, destinasi wisata, dan para pelaku pariwisata di Temanggung.

Potensi wisata yang diunggulkan dari Pagergunung sendiri adalah pendakian Gunung Sumbing, Festival Blabengan, dan 7 pemandangan gunung, diantaranya Gunung Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Merapi, Merbabu, Telomoyo, dan Slamet. (wll;ekp;ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2023 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.