Wujudkan Lansia Tangguh, Sehat, Aktif dan Produktif Melalui Sekolah Lansia Senja Sejahtera

Umum
  Anindita Kusumastuti   267 views

Keterangan Gambar: Wujudkan Lansia Tangguh, Sehat, Aktif dan Produktif Melalui Sekolah Lansia Senja Sejahtera

Temanggung - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung Denty Eka Widi Pratiwi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Sri Endang Praptaningsih menghadiri launching Sekolah Lanjut Usia/Lansia 'Senja Sejahtera' di Dusun Karangsenen, Desa Traji, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Kamis (18/8/2022) siang.

Hadir pula dalam acara ini, Camat Parakan Taufiq Nur Priyanto bersama Ketua Penggerak PKK Kecamatan Parakan Beni Indra Taufiq, Kepala Desa Traji Nok Idah beserta jajaran perangkatnya, Direktur STIKES Ngesti Waluyo Prihanto, perwakilan mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta, peserta dan tamu undangan.

Kegiatan juga dimeriahkan lomba antar lansia dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI yaitu makan krupuk, joget ande-ande lumut, memasukkan rafia dalam lobang jarum karung, dan kalimat berantai. Diikuti oleh 30 orang lansia dari Dusun Karangsenen, yang juga merupakan peserta didik Sekolah Lansia 'Senja Sejahtera'.

Sri Endang Praptaningsih di sela-sela acara menyampaikan, bahwa di Kabupaten Temanggung ada dua lokasi yang ditunjuk, yaitu Desa Traji, Kecamatan Parakan dan Kelurahan Banyuurip, Kecamatan Temanggung. Sekolah lansia ini wajib didukung semua pihak, baik dari masyarakat, akademisi dan pemerintah.

"Sekolah lansia ini merupakan program BKKBN Pusat, dan merupakan pengembangan Bina Keluarga Lansia/BKL. Panjangnya usia harapan hidup bagi penduduk Indonesia, maka harapannya akan terwujud lansia tangguh dan sehat, aktif, dan produktif, bahagia selamanya. Mandiri dan tidak tergantung, bisa menjadi warga masyarakat yang bermanfaat dan menularkan ilmu, serta pengalamannya kepada lingkungan sekitar," jelasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung Denty Eka Widi Pratiwi mengapresiasi adanya kegiatan Sekolah Lansia 'Senja Sejahtera' yang dapat menginspirasi masyarakat Kabupaten Temanggung. Dan Lansia patut untuk diberdayakan sebagai lansia yang produktif, selalu aktif, mandiri, dan menjadi contoh tauladan di lingkungan sekitarnya, terutama keluarga.

Dan inilah yang membuat kita semuanya selalu berpikir positif, bahwa mahluk ciptaan Tuhan itu selalu bisa bermanfaat dan berbuat baik kepada sesamanya.

"Lansia merupakan sumber daya manusia yang unggul, siapapun dan dimanapun. Ini wajib kita sadari bersama, apapun yang bisa dilakukan oleh bapak, ibu lansia ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Asalkan ditempatkan sesuai kapasitasnya, saling menghormati dan saling menghargai, justru itulah yang menjadi kesuksesan bersama, sukses selalu 'Senja Sejahtera'," tandasnya. (Sty;Ekp;Ysf)

TAG:

SHARE:

Copyright © 2022 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.